PERAN BISNIS TERHADAP KEHIDUPAN SAYA

Peran bisnis terhadap kehidupan saya sangat berpengaruh besar ,karna lewat bisnis saya bisa mengatur bagaimana untuk memperoleh uang,dan mengendalikan suatu usaha secara baik dan benar. Kebetulan orang tua saya membuka usaha perlengkapan shalat dan kerudung,disana saya mengenal bagaimana cara berbisnis,cara mencari laba,dan memuaskan konsumen kita dengan produk-produk yang kami jual. Kita sebagai pelaku bisnis harus pintar-pintarnya untuk mengikuti mode pasaran yang sedang di gandrungi oleh masyarakat,sehingga kita bisa menarik perhatian konsumen untuk singgah berbelanja di toko kami.
Selain itu sebagai pelaku bisnis kita harus saling menjaga terhadap pelaku bisnis yang lainnya,tidak boleh memutuskan harga barang secara individu karna akan menimbulkan fitnah diantara pelaku bisnis lainnya,orang tua saya selalu mengajarkan hal itu kepada saya.hitunglah harga penjualan itu sebagaimana besar modal yang kita keluarkan ,seperti harga barang itu sendiri dan biaya transportasi pada saat berbelanja di pasar tanah abang.jadi kita tidak asal mematok harga karna ada perhitungan,selain itu kenyamanan konsumen juga sangat utama untuk kelangsungan berbisnis,sehingga konsumen baru akan kembali berbelanja kepada kita dan menjadi pelanggan tetap.
Di dalam pengalaman saya ,saya menemukan karakteristik konsumen antara satu dengan yang lainnya sangat berbeda. Ada konsumen yang hanya ingin barang yang mahal,ada konsumen yang selalu mengikuti trend,ada konsumen yang sangat sederhana yang tidak neko-neko,ada pula konsumen yang ingin barang dengan harga yang sangat murah. Sebagai pelaku bisnis kita harus bisa mengikuti kemauan para konsumen untuk bisa mencapai target pemasaran yang tinggi dan memperbanyak pelanggan dan dengan barang yang bagus juga. Di dalam berbisnis tidak semua bisnis kita berjalan lancar dan mulus. Adakalanya di saat kita membutuhkan modal yang sangat besar untuk memenuhi suatu permintaan tetapi kita tidak memiliki modal yang cukup ,kita tidak boleh melepas kesempatan itu. Kita harus berfikir bagaimana caranya supaya kita bisa memenuhi permintaan itu. Dengan cara meminjam uang kepada bank atau kita bisa mengambil barangnya terlebih dahulu kepada distributor,itu bisa sangat membantu bagi kita sebagai pelaku bisnis.
Modal lain selain uang di dalam bisnis adalah mengutamakan kejujuran,sehingga kita tidak akan mengecewakan pelanggan kita.selain uang, dan kejujuran adalagi modal yang harus kita miliki yaitu keberanian dalam mengambil keputusan. Karna itu sangat berpengaruh dalam kegiatan berbisnis kita. Jika kita ragu-ragu dalam mengambil keputusan kita sebagai pelaku bisnis tidak akan bisa berkembang dan hanya berjalan di bisnis yang itu-itu saja. Alhamdulilah, sudah hampir 8 tahun orang tua saya berdagang yang awalnya bermodalkan satu buah sepedah motor dengan harga jual 10 juta rupiah pada saat itu,sekarang secara perlahan dan tahap demi tahap modal itu sudah kembali bahkan lebih banyak dari modal awal pertama kita. Itu semua berkat doa dan kerja keras orang tua jadi kita bisa seperti sekarang ini.
Itulah pengalaman pribadi saya dan keluarga saya,semoga pengalaman ini bisa menginspirasi para pembaca sekalian .

Tinggalkan Balasan

