Apa yang anda ketahui tentang franchising ?
franchising menurut saya adalah, suatu usaha yang di jalankan dengan membeli sebuah lisensii merk atau produk tertentu yang akan kita jual kembali di tempat yang berbeda.biasanya franchising usahanya berbentuk mini mart atau makanan cepat saji.
Jelaskan tentang definisi franchising local
Suatu strategi pemasaran yang bertujuan untuk mengembangkan jaringan usaha.
Suatu cara untuk mengemas suatu produk atau suatu usaha dengan tujuan untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen yang lebih Iuas. (sesuai Peraturan Menteri no. 12/2006 tentang Waralaba)
Waralaba (Franchise) adalah perikatan antara Pemberi Waralaba dengan Penerima Waralaba dimana Penerima Waralaba diberikan hak untuk menjalankan usaha dengan memanfaatkan dan/atau menggunakan hak kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki Pemberi Waralaba dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh Pemberi Waralaba dengan sejumlah kewajiban menyediakan dukungan konsultasi operasional yang berkesinambungan oleh Pemberi Waralaba kepada Penerima Waralaba. (sesuai rancangan Peraturan Pemerintah tentang Waralaba)

Waralaba adalah Sistem bisnis dan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang dimiliki orang perseorangan atau badan usaha yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak
lain. (sumber : http://teknikindustri2004-uii.blogspot.com/2009/11/definisi-waralaba-franchise.html)
CONTOHNYA :
• Alfa mart
• Kfc
• Indomaret
• Carefour
• Giant
KEUNTUNGAN:
1. Adanya program-program pelatihan dari Fanchisor (yang punya perusahaan)sehingga kurangnya skill dapat di tanggulangi.
2. Secara psikologis pihak Franchisee akan berusaha untuk dapat memajukan bisnisnya itu di samping mendapat bantuan dan bimbingan yang terus menerus dari pihak franchisor karena merasa telah memiliki perusaan yang besar.
3. Populer seketika.
4. Karena sudah populer maka tentu saja perusahaan baru tersebut tidak butuh dana besar untuk promo atau dana untuk kegagalan yang biasa dialami oleh perusaan yang baru berdiri.
5. Seringkali pihak franchisee menerima juga bantuan-bantuan berikut ini:
a. Penyeleksian tempat,
b. Persiapan rencana perbaikan model gedung sehingga sesuai dengan rencana tata kota atau ketentuan lainnya yang berlaku,
c. Perolehan dana untuk sebahagian biaya akuisisi dari bisnis yang difranchisekan,
d. Pelatihan staff,
e. Pembelian peralatan,
f. Seleksi dan pembelian suku cadang,
g. Bantuan pembukaan bisnis dan menjalankannya dengan lancar.
KERUGIAN:
1. Peran yang dimainkan oleh Franchisor sangat besar dengan kontrol yang tinggi sehingga pihak franchisee hilang kemandiriannya;
2. Pihak franchisee harus membayar berbagai macam fee kepada pihak franchisor, yang terms and conditionsnya therefore harus jelas dan dinegosiasi siapa yang harus memikul biaya tersebut:
a. Royalty; pembayaran oleh pihak franchisee kepada pihak franchisor sebagai imbalan dari pemakaian hak franchise oleh franchisee.
b. Franchise fee: biasanya dilakukan sekali saja dan dengan jumlah tertentu pada saat penandatangan akte franchise,
c. Direct expenses: Biaya langsung yang harus dikeluarkan sehubungan dengan pembukaan/ pengembangan suatu bisnis franchise seperti biaya pemodokan pihak yang akan menjadi pelatih dan feenya, biaya pelatihan dan biaya pada saat pembukaan;
d. Biaya sewa: apabila franchisor menyediakan tempat bisnis,
e. Marketing dan advertising fees; Karena franchisor yang melakukan marketing dan iklan, maka pihak franchisee mesti juga ikut menanggung beban biaya tersebut dengan menghitungnya baik secara persentase dari omset penjualan ataupun jika ada marketing atau iklan tertentu.
f. Assignment fees; biaya yang harus dibayar oleh pihak franchisee kepada pihak franchisor jika pihak franchisee tersebut mengalihkan bisnisnya kepada pihak lain biasanya untuk kepentingan persiapan pembuatan perjanjian penyerahan, pelatihan pemegang franchise yang baru dsb.
3. Kesukaran dalam menilai kualitas franchisor;
4. Biasanya kontrak franchise berisikan juga pembatasan-pembatasan terhadap bisnis franchise dan ruang gerak dari pihak franchisor,
5. Kebijakan-kebijakan pihak franchisor tidak selamanya berkenaan di hati pihak franchisee.
(Sumber keuntungan dan kelemahan: http://ajenghp.blogspot.com/2011/06/keuntungan-dan-kerugian-franchise.html)
MANFAAT FRANCHISING
• Lebih efesien waktu ,dan tempat,
• Member kemudahan dalam usaha,
• Dan prodak yang di gunakan sudah tekenal karna sudah membeli sebuah lesesni tertentu.
KIAT-KIAT MEMPERTAHANKAN FRANCHISING
Pahami Konsumen Anda
Hal penting yang harus dilakukan adalah bagaimana anda bisa memahami konsumen yang anda miliki. Konsumen menjadi aset penting bagi perkembangan dan kemajuan usaha anda. Selain itu memahami konsumen juga sebagai cara untuk melihat bagaimana respon pasar sekaligus sebagai referensi evaluasi mengenai produk usaha anda. Anda bida melakukannya dengan membuat jajak pendapat atau membuka line “suara konsumen”. Perhatikan respon yang masuk dan pertimbangkan saran serta masukan dari konsumen. Dengan memahami konsumen, bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan pelanggan setia yang menjadi aset bagi usaha.
Keep update
Usahakan selalu update dalam prodrak-prodak tertentu
Offline
Seimbangkan juga dengan pelayanan secara offline. Anda bisa memakai beragam media efektif seperti telepon, surat, dan lain-lain. Padu padankan cara offline dan online untuk mengoptimalkan usaha anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s