PELANGGARAN HAK CIPTA

Menurut saya tentang pelanggaran hak cipta adalah tindakan yang tidak terpuji dan sangat melanggar hukum. Sudah jelas tertera pada undang-undang hak cipta yaitu menurut Undang-undang No.12 Tahun 1997 tentang hak cipta, hak cipta adalah hak khusus untuk pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya maupun member ijin untuk itu, denagn tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut perundang-undangan yang berlaku.
1. Permasalahannya adalah, bagaimana jika hak cipta di salah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak tahu atau belum mengetahui tentang hak cipta itu sendiri?
Mungkin ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan pihak-pihak tersebut tidak mengetahui tentang hak cipta itu sendiri. Misalnya pihak tersebut tidak mengetahui bahwa lagu yang sudah ia ciptakan sebetulnya sudah di patenkan oleh orang lain yang mungkin memiliki kesamaan lagu atau orang itu sudah menjiplak terlebih dahulu dan mempatenkannya lebih dahulu dengan kata lain pelanggaran ini adalah faktor ketidak sengajaan. Yang kedua bisa saja pihak tersebut sengaja mengambil lagu-lagu yang tidak terkenal kemudian mempopulerkannya seakan-akan mereka yang menciptakan lagu tersebut dfan mempopulerkannya juga.
Penyelesaian untuk pelanggaran hak cipta menurut saya ,melaporkan pihak terkait ke pihak yang berwajib serta menyertakan bukti-bukti yang cukup. Dan jika ingin menggunakan ciptaan orang lain sebaiknya untuk meminta ijin dan memberikan royalty kepada si pemilik hak cipta agar tidak terjadi penyalah gunaan hak cipta dan tida ada pelanggaran hak cipta disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s