RANGKUMAN BAHASA INDONESIA 2

RANGKUMAN DARI TUGAS 1
UNSUR-UNSUR YANG HARUS DIGUNAKAN DIDALAM MENULIS
1. FUNGSI DAN KEDUDUKAN BAHASA IDNONESIA
Fungsi bahasa terbagi 2 jenis yaitu secara umum dan khusus. Fungsi bahasa secara umum adalah sebagai alat komunikasi atau sarana untuk menyampaikan informasi, sedangkan secara khusus selain bahasa digunakan sebagai sarana komunikasi, bahasa juga digunakan sebagai sarana integrasi, kontrol sosial dan sarana ekspresi diri.
2. RAGAM BAHASA
Ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan , menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan ,serta menurut medium pembicaraan. (Bachman,1990).
Macam-macam ragam bahasa
• Ragam Bahasa Undang- Undang
• Ragam Bahasa Jurnalistik
• Ragam Bahasa Sastra
• Ragam Bahasa Asing bidang – bidang tertentu dan
• Ragam Bahasa ilmiah yang digunakan dalam suatu kegiatan ilmiah, ceramah, dan dalam penulisan ilmiah.
3. EJAAN
DIKEjaan adalah penggambaran bunyi bahasa (kata, kalimat) dengan kaidah tulisan (huruf) yang distandarisasikan . Ejaan biasanya memiliki tiga aspek yaitu : aspek fonologis yang menyangkut penggambaran fonem dengan huruf dan penyusunan abjad, aspek morfologis yang menyangkut penggambaran satuan-satuan morfemis , aspek sintaksis yang menyangkut penanda ujaran berupa tanda baca. Dalam penulisan ejaan perlu diperhatikan penggunaan EYDnya seperti pemakaian huruf,penulisan kata, dan tanda baca agar pembaca lebih mudah dalam membacanya.
4. DIKSI
Diksi adalah pilihan kata pengarang untuk menggambarka sebuah cerita. Diksi atau pilihan kata adalah pemilihan kata –kata yang sesuai dengan apa yang hendak kita ungkapkan. Diksi mencakup pengertian kata – kata mana yang harus dipakai untuk mencapai suatu gagasan , bagaimana membentuk pengelompokan kata-kata yang tepat atau menggunakan ungkapan –ungkapan dan gaya mana yang paling baik digunakan dalam situasi.
5. KALIMAT EFEKTIF
Kalimat efektif harus memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan – gagasan pad pikiran pendengar atau pembaca seperti apa yang terdapat pada pikiran penulis atau pembaca. Agar kalimat yang ditulis dapat memberikan informasi kepada pembaca secara tepat sesuai yang diharapkan oleh penulis perlu diperhatikan beberapa hal yang merupakan ciri-ciri kalimat efektif yaitu: kesepadanan dan kesesuaian (terdapat unsur –unsur subjek, predikat, objek , keterangan dan pelengkap), kesejajaran , penekanan dalam kalimat, kehematan dan kevariasian.
6. ALINEA DAN PENGEMBANGNYA
Alinea adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru. Kalimat yang membangun alinea pada umumnya diklarifikasikan atas dua macam yaitu kalimat utama yang biasanya terletak di awal,tengah, maupun akhir paragraph. Kalimat utama merupakan inti dari ide atau gagasan dari suatu paragrapgh, kalimat penjelas adalah kalimat yang memberi penjelasan dari gagasan pokok dari sebuah paragraph.
Dalam pengembangan alinea biasanya dimasukkan kalimat-kalimat yang berupa antara lain : metode pertentangan (berbeda dengan, sedangkan, akan tetapi), metode sebab akibat (padahal,akibatnya,oleh karena itu , dan karena), metode perbandingan (akan tetapi,sementara itu, sama dengan ), metode klarifikasi (dibagi menjadi, digolongkan menjadi, terbagi menjadi), metode definisi (adalah, yaitu, ialah). Dapat disimpulkan bahwa suatu paragraf merupakan bagian karangan yang terdiri atas kalimat-kalimat yang berhubungan secara utuh dan padu serta merupakan satu kesatuan pikiran
7. PERENCANAAN PENULISAN KARANGAN ILMIAH
Untuk menghasilkan karangan yang baik harus melalui beberapa tahapan, yaitu tahapan persiapan, tahap pengembangan dan tahapan revisi. Pertama kita harus melakukan pemilihan topik yaitu memilih apa yang akan menjadi pokok pembicaraan, kedua pembatasan topik artinya seorang penulis harus membatasi toopik yang akan dibahas sehingga tulisannya dapat terfokus, ketiga memilih judul yang dianggap mewakili hasil penelitian yang akan ditulis, keempat menetapkan tujuan penulisan yaitu menentukan apa yang anda ingin agar pembaca anda tahu atau dapat lakukan setelah mereka selesai membaca laporan atau tulisan anda, kelima penentuan kerangka karangan merupakan rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan digarap, dan merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur.
8. KERANGKA KARANGAN
Kerangka karangan merupakan rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang digarap dan merupakan rangkaian ide–ide yang disusun secara sistematis ,logis ,jelas terstruktur dan teratur atau dapat juga didefinisikan sebagai satu metode dalam pembuatan karangan yang mana topiknya dipecah kedalam sub-sub topik dan mungkin dipecah lagi kedalam sub-sub topik yang lebih terperinci. Karangan adalah karya tulis hasil dari seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya dalam bahasa tulis kepada pembaca untuk di pahami. Ada lima jenis karangan yaitu: narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi dan persuasi.
9. KUTIPAN DAN DAFTAR PUSTAKA
Kutipan adalah sebuah kalimat gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber, yang bisa diambil dari kamus, ensiklopedia, artikel,laporan, buku, majalah,internet dan berbagai media lainnya baik tulisan maupun lisan.
Tujuannya adalah untuk menegaskan isi uraian atau pengokohan argumentasi dalam sebuah karangan. Daftar Pustaka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah daftar yang mencantumkan nama pengarang, tahun, judul buku, kota, penerbit yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku dan disusun berdasarkan abjad. Daftar sendiri didefinisikan sebagai catatan sejumlah nama atau hal yang disusun berderet dari atas ke bawah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s